Sistem bahan bakar sepeda motor saat ini ada 2 macam, sistem injeksi dan sistem karburator. Tips ini hanya bisa diterapkan pada sepeda motor bertipe karburator dan bertransmisi manual alias buka matic. Pada saat sepeda motor sudah menunjukkan habis bensin, ditandai dengan mesin mbrebet di putaran rendah lakukan hal berikut :
- Aktifkan choke.
- Atur rpm mesin agar berada di RPM tinggi (RPM tinggi akan menghasilkan daya hisap bensin yang lebih besar)
- Atur kopling (jika motor anda bertipe bebek, injaklah pedal persneling sedikit demi sedikit) sehingga laju sepeda motor stabil.
- Temukan penjual bensin terdekat, karena tips ini hanya darurat, tidak bisa menempuh perjalanan yang jauh.
- Selalu periksa bahan bakar anda, sebab jika keseringan melakukan choke untuk memaksa kendaraan tetap berjalan dapat menimbulkan kerusakan mesin.
Untuk menghemat BBM kendaraan tidak harus dengan mencekik bensin yang masuk ke ruang bakar. Namun dengan perlakuan yang tepat, kendaraan akan menjadi lebih irit dan awet. Cara yang bisa kita lakukan antara lain :
- Menjalankan kendaraan dengan halus, akslerasi mendadak akan membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros. Usahakan rpm mesin stabil untuk meningkatkan efisiensi (kecuali jalan naik turun).
- usahakan mengisi penuh tangki BBM, jangan dibiarkan kosong. Selain memperkecil penguapan BBM, hal ini juga untuk mencegah kondensasi yang menyebabkan karat pada tangki.
- Jaga selalu tekanan angin ban kendaraa, ban yang kempes akan menjadi berat dan memperbanyak konsumsi BBM.
- Gunakan minyak pelumas yang sesuai spek, untuk meminimalkan gesekan yang terjadi pada mesin