NEWS


CRT (Claiming Rule Teams) MotoGP

Dalam dunia MotoGP secara garis besar, Team bisa digolongkan menjadi 2 macam yaitu Team Pabrikan dan Team Non Pabrikan. Team Pabrikan adalah team yang segala sesuatunya disiapkan secara khusus oleh perusahaan yang memproduksi sepeda motor (bisa Honda, Yamaha, Ducati dll) dalam race MotoGP. Team Non Pabrikan adalah team yang segala sesuatunya disiapkan secara mandiri oleh team yang berlomba dalam MotoGP.
Hampir bisa dipastikan dalam setiap pertarungan kuda besi paling bergengsi di dunia yang mendominasi kemenangan adalah Team pabrikan. Team Non Pabrikan bisa dianggap sebagai Team penggembira untuk memeriahkan suasana. Meskipun Team Non Pabrikan berusaha sekuat apapun, mungkin hanya kejeniusan yang akan membawa mereka untuk mendominasi kejuaraan.


Team Non Pabrikan memiliki keterbatasan dalam hal dana, teknologi dan rider. Team Non Pabrikan jelas bukanlah Team dengan dana yang kuat (meskipun dalam satu musim bisa menghabiskan jutaan dollar). Investor akan lebih tertarik untuk berinvest ke Team Pabrikan karena secara logika lebih menjanjikan kemenangan dalam race. Investor rela untuk merogoh dana lebih untuk berinvest dalam Team Pabrikan. Team Non Pabrikan akan mengalami kesulitan untuk mengembangkan kuda besi, hal ini dikarenakan sarana (termasuk lab, mekanik, komponen dll) yang kurang. Team Non Pabrikan akan berpikir dua kali untuk meminang rider sekelas Valentino Rossi, Pedrossa ataupun Stonerr, hal ini berkaitan dengan dana yang dimiliki oleh Team Non Pabrikan.
Untuk menjembatani hal tersebut maka dibuatlah peraturan yang menjembatani kedua belah pihak. Komisi Grand Prix (Grand Prix Commision/GPC), badan yang membuat aturan MotoGP yang terdiri dari MSMA (mewakili produsen), IRTA (mewakili tim), Dorna (mewakili penyelenggara) dan FIM (mewakili badan sanksi dan federasi internasional) membuat regulasi CRT.
Peserta CRT akan diperbolehkan lebih banyak menggunakan bahan bakar dan menggunakan mesin lebih banyak selama musim MotoGP berlangsung.

  1. Team Pabrikan akan menggunakan 21 liter bahan bakar dalam setiap race dan diizinkan untuk menggunakan 6 mesin di musim 2012 (sama seperti tahun 2011), tapi 
  2. Peserta CRT akan diberikan 24 liter bahan bakar untuk bertahan di race, dan diperbolehkan menggunakan 12 mesin untuk musim MotoGP 2012. Karena keunggulan ini, produsen yang ada (Honda, Yamaha atau Ducati) akan diizinkan untuk mengklaim mesin dari peserta CRT.
Claiming Rule Teams dimaksudkan untuk menggantikan tim pabrikan dan membuatnya lebih terjangkau bagi tim untuk balapan di seri MotoGP. Tim Claiming Rule diperkirakan bisa menurunkan dua mesin CRT dan membayar pembalap, mekanik serta memangkas besar-besaran anggaran tahunan mereka.


Sumber : motogp-mania.com