Selasa, 10 Januari 2012

Siapkan Kita Tanpa Premium

Menilik permasalahan keputusan pemerintah untuk melaksanakan kendaraan pribadi harus minum Pertamax, kita sebagai Oto_Lovers harus mencermati dan ikut mengantisipasi permasalahan yang akan timbul. Permasalahan yang akan dihadapi antara lain :
1.       Membuka Lapangan Kerja Baru
      a.  Jika angkutan umum masih menggunakan Premium bersubsidi
Kapasitas tangki       angkutan umum kita patok 40 Liter, harga Premium bersubsidi Rp   4.500,- dan Pertamax Rp 8.500,-. Anggap saja mereka ambil untung Rp 2.000,- (dapat menjual ke pengguna mobil pribadi seharga Rp 6.500,-)

40 Liter         X             Rp 2.000,-            = Rp  80.000,-
Perhitungan di atas sekali angkut, tentunya mereka tidak akan mengangkut BBM hanya sekali.
    b.     Jika Motor masih menggunakan Premium Bersubsidi
Sama dengan perhitungan di atas tapi kapasitas tangki untuk sepeda motor (jenis sport) sekitar 12 Liter. Jadi perlu usaha agak ekstra untuk pekerjaan barunya.


2. Pertamax tidak sesuai dengan konstruksi mesin bertahun tua
Mesin produksi tahun 90-an ke bawah untuk jenis kendaraan non sport rata2 perbandingan kompresinya masih di bawah 1 : 9.  Berikut ini perbandingan kompressi dengan jenis bbm yang dianjurkan

Jenis Mobil Bahan Bakar Yang Dianjurkan
Suzuki
Swift 9,5:1  Pertamax
Grand Vitara 10,5:1  Pertamax Plus
Grand Escudo XL-7 9,5:1  Pertamax
Escudo 2.0 9,3:1  Premium Pertamax
Escudo 1.6 9,5:1  Pertamax
Baleno 9,5:1  Pertamax
Aerio 9,5:1  Pertamax
APV 9,0:1  Premium Pertamax
Karimun 8,8:1  Premium
Katana 8,8:1  Premium
Carry 1.5 8,9:1  Premium
Carry 1.0 8,9:1  Premium
Carry 1.3 9,0:1  Premium
Esteem 1.6 GT 9,5:1  Pertamax
Side Kick 8,9:1  Premium
SX-4 10,5:1  Pertamax Plus
Honda
Jazz I-Dsi 10,4:1  Pertamax Pertamax Plus
Jazz V-Tec 10,1:1  Pertamax Pertamax Plus
City I-DSi 10,5:1  Pertamax Pertamax Plus
City V-Tec 10,1:1  Pertamax Pertamax Plus
Stream 1.7 9,5:1 Premium Pertamax
Stream 2.0 9,4:1 Premium Pertamax
Toyota
Starlet XL 1.000 cc 9,3:1  Premium Pertamax
Starlet SE 1.3 9,5:1  Pertamax
Twin Cam 9,5:1  Pertamax
Great Corolla 9,5:1  Premium Pertamax
Avanza 11:1  Pertamax Plus
Yaris 10,5:1  Pertamax
Innova 2.0 9,8:1  Pertamax
Innova 2.7 9,7:1  Pertamax
Nissan
X-Trail 2.0 9,9:1  Pertamax
Terano 8,3:1  Premium
Livina 1.5L 10,5:1  Pertamax Pertamax Plus
Livina 1.8L 9,9:1  Pertamax
Sentra Genesis 9,3:1  Pertamax
Cefiro 9,5:1 Pertamax Pertamax Plus
Daihatsu
Xenia EJ (vvti) 11:1  Pertamax Plus
Terios 10,0:1  Pertamax Pertamax Plus
Taruna EFI 9,5:1  Pertamax Pertamax Plus
Sirion 10,0:1  Pertamax Pertamax Plus
Ceria Pertamax
Mitsubishi
Eterna DOHC 9,8:1  Pertamax Pertamax Plus
Eterna SOHC 8,5:1  Premium
Lancer DOHC 10,5:1  Pertamax Plus




 ini akibatnya jika mengunakan BBM yang tidak sesuai dengan spek mesin

3. Siapa yang akan menjamin, bahwa dana yang dihemat tidak akan bocor di jalan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar